Jumlah Balita Stunting Sobawawi Tertinggi di Sumba Barat, Bupati Yohanis Dade : Pemda Akan Intervensi Lewat Perangkat Daerah Terkait
Facebook
Twitter
WhatsApp

www.sumbabaratkab.go.id. Waikabubak. Jumlah balita stunting Kelurahan Sobawawi memang turun hampir 50% dari 101 orang menjadi 59. Tentu ini merupakan prestasi yang luar biasa. Namun demikian, jumlah ini adalah yang terbesar se – Sumba Barat. Bandingkan angka ini dengan Kelurahan Maliti yang hanya terdapat 1 balita stunting. Di Sumba Barat sendiri, angka stunting telah turun menjadi 12,1% dan Pemda terus berupaya untuk mereduksi prevalensi kondisi kesehatan ini dengan berbagai inisiatif. Karena itu dalam sambutan acara penyerahan secara simbolis bantuan PMT kepada 166 ibu hamil dan balita di aula Kantor Kelurahan Sobawawi, Rabu, 10 Januari 2023, Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH menyatakan bahwa Pemda akan terus mengintervensi lewat dinas – dinas terkait, seperti peternakan, ketahanan pangan dan lain – lain sesuai kontribusi yang dapat diberikan sehingga bisa mencapai prosentasi yang jauh lebih rendah.

Pemberian makanan tambahan, termasuk daging, susu, kacang hijau, telur ayam, beras, dan gula, akan diberikan selama 3 bulan kepada ibu hamil dengan resiko tinggi dan para balita di kelurahan Sobawawi. Tahun ini, kelurahan Sobawawi mendapatkan bantuan serupa untuk kedua kalinya melalui Dana Insentif Daerah (DID), yang diperoleh oleh Pemerintah Daerah Sumba Barat sebagai penghargaan atas beberapa prestasi, termasuk Status WTP (Without Material Weakness). Kepala Dinas DP5A, Samuel Kali Kula, S. Pd, M. Pd, bersama Kepala Bidang terkait, melanjutkan kegiatan penyerahan bantuan PMT ini.

Kegiatan ini dihadiri antara lain oleh Sekretaris Daerah, Asisten III Setda/Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumba Barat, yaitu Martha Bili Lalo, SH, serta beberapa Kepala Perangkat Daerah/Unit Kerja, Camat Loli, Lurah Sobawawi, dan masyarakat penerima bantuan.

Narasi dan foto : Odie

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top