KADISDIK DORONG SEMUA SEKOLAH AKTIFKAN LAYANAN UKS

Waikabubak, Selasa- 15/12/20, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sumba Barat, Sairo Umbu Awang, SE, meminta semua sekolah mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah untuk mengaktifkan layanan usaha keehatan sekolah/madrasah (UKS/M). Hal itu dikatakannya di hadapan para kepala sekolah dan kepala puskesmas serta pimpinan organisasi perangkat daerah pada acara launching Aplikasi Waliku di aula rapat Kantor Bupati. “Ketika pembelajaran tatap muka dimulai saya minta semua sekolah harus mengaktifkan layanan UKS/M, “pintanya.

Menurut Kadis Pendidikan Kabupaten Sumba Barat, pada Sabtu (5/12) lalu Pejabat Sementara Bupati Sumba Barat, Drs. Semuel D. Pakereng, M.Si, telah menerbitkan Instruksi Bupati Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Peraturan Bupati Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah/Madrasah atau UKS/M. Dengan adanya instruksi bupati dan peraturan bupati tersebut maka semua sekolah wajib membentuk Tim Pelaksana UKS/M di masing-masing sekolah. Di sekolah juga harus ada ruangan UKS dan harus ada guru pengelolanya. Selain itu, sekolah harus menyediakan fasilitas dan bahan pendukung pelaksanan UKS. Dengan UKS, anak dan guru dibiasakan untuk berperilaku hidup bersih dan sehat setiap hari dan tahu cara menolong anak dan guru yang mengalami sakit atau membutuhkan pertolongan pertama.

Pelaksanaan layanan UKS meliputi pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan dan pembinaan lingkungan sekolah yang sehat. Trias Layanan UKS harus dilakukan secara terpadu dan bekerja sama dengan puskesmas agar anak sekolah dan guru sehat dan sejahtera. Sebelumnya. Di tingkat kabupaten, Tim Pembina UKS sudah membahas standar operasional prosedur (SOP) atau petunjuk pelaksanan UKS untuk menjadi pedoman pelaksanan UKS di setiap sekolah.

Turut hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole, Pejabat Sekretaris Daerah, Daniel B. Pabala, Kepala Bappeda, Titus Diaz Liurai,S.Sos,MM, Kepala Dinas Kesehatan, drg. Bonar B. Sinaga, M.Kes, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Drs. Djemi Octovianus Dima,MM, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Ir. Yanis E.L.Chr Loebaloe, M.Si,   (RED.SIL-STC)

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *