LAKUKAN KUNJUNGAN DI DESA WANOKAZA, BUPATI HARAPKAN ADANYA PENINGKATAN KINERJA PEMBANGUNAN DAN PRIORITASKAN KEPENTINGAN RAKYAT

Bupati Sumba Barat, Yohanes Dade, SH dan Wakil Bupati Sumba Barat, John Lado Bora Kabba, S.Pd berkunjung ke Desa Wanokaza untuk meninjau langsung perkembangan pembangunan dan melihat langsung pengembangan ternak kambing yang bersumber dari dana desa serta pelaksanaan proses inseminasi buatan pada ternak Kerbau. Rabu (03/11/2021).
Turut mendampingi, para Asisten Sekda Sumba Barat, Kadis PMD, Kadis PU, Kadis Kesehatan, Kadis Peternakan, Kadis Pendidikan, PLT Kepala Kesbangpol dan ASN OPD terkait.
Kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Tanarighu, para kepala Desa se Kecamatan Tanarighu, guru serta masyarakat desa Wanokaza.
Dalam kesempatan tersebut Bupati Sumba Barat berharap agar dapat meningkatkan kinerja pembangunan di Desa. Menurutnya, kedepan semua Kecamatan harus bangkit dan sejajar dengan kecamatan-kecamatan lain di NTT. Sehingga dapat keluar dari predikat daerah miskin atau daerah tertinggal.
“Yang paling utama ada kemauan, tekad semua untuk lebih giat lagi bekerja, bekerja lebih keras lagi. Kita tidak punya waktu untuk berjalan lambat, kita bukan hanya harus berlari tapi harus berlari cepat untuk mengejar ketertinggalan ini.” ucap Bupati Yohanis.
Lanjutnya, “setiap dana yang turun di desa masing-masing harus benar-benar menyentuh kepentingan masyarakat. Kita programkan apa yang menjadi kebutuhan atau kepentingan masyarakat, bukan apa yang menjadi kepentingan dari seorang Kepala Desa.”
Bupati Yohanis juga berterima kasih kepada Kepala Desa Wanokaza yang telah menjadikan salah satu desa yang melakukan pengembangan ternak kambing selain Desa Kareka Nduku Selatan.
“Saya harap nanti dapat di ikuti desa-desa lainnya. Hal ini juga merupakan tantangan bagi Dinas Peternakan untuk memberikan pendampingan.” ungkapnya.
Menurut Bupati Yohanis, kunjungan ke desa-desa akan lebih intens dilakukan kedepannya.
“Dimasa kepemimpinan kami, kita tidak sekedar menerima laporan atau hanya dibelakang meja saja namun hsrus lebih banyak berada di tengah-tengah masyarakat sehingga kami tau apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,”jelasnya.
Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Bupati Sumba Barat, John Lado Bora Kabba, S.Pd mengungkapkan bahwa desa adalah perpanjangan tangan Camat, Camat adalah perpanjangan tangan dari Bupati dan Wakil Bupati sehingga Desa lah yang lebih tau karakteristik maupun keunggulan desanya.
“Kepala Desa yang lebih tau kebutuhan rakyatnya. Karena dia yang lebih dekat dengan wilayah, lebih dekat dengan masyarakatnya.”kata Wabup John Lado.
Wabup John Lado juga dalam kesempatan yang sama menjawab keinginan kepala Desa yang mana menginginkan agar menambah jumlah tenaga pendidik PNS, maka Wabup menyatakan akan diusahakan dan menjadi perhatian pemerintah daerah.
Selepas kunjungan di Desa Wanokaza, Bupati beserta rombongan melanjutkan kunjungannya ke Desa Kalembu Anakaka untuk melaksanakan kegiatan penanaman jagung, pisang dan lamtoro serta beraudiensi langsung dengan masyarakat didesa tersebut. (Dhi)
Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *