MUDAHNYA SENSUS PENDUDUK 0NLINE 2020

Badan Pusat Statistik mulai tanggal 15 Pebruari 2020 sampai dengan tanggal 31 Maret 2020 melakukan sensus penduduk secara online melalui aplikasi di halaman website BPS htpps://sensus.bps.go.id. Selanjutnya pada tanggal 1 Juli sampai dengan tanggal 31 Juli 2020 akan dilanjutkan dengan sensus penduduk secara offline atau wawancara dari rumah ke rumah oleh petugas dari BPS.

Sensus penduduk online dibuat sedemikian rupa agar masyarakat dapat mengisinya dengan mudah dan cepat serta tepat, sehingga diharapkan masyarakat tidak usah ragu dalam mengisi sensus penduduk secara online tersebut.
Sensus penduduk diperuntukkan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) serta bagi Warga Negara Asing (WNA) yang akan atau telah berdomisili di Indonesia paling kurang atau minimal 1 (satu) tahun.
Sebelum mengisi sensus penduduk secara online diharapkan agar menyiapkan beberapa dokumen seperti, Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), buku nikah, surat cerai/ surat keterangan kematian dan termasuk untuk anggota keluarga tambahan bila diperlukan.
Berikut adalah langkah-langkah atau cara pengisian data-data pada sensus penduduk secara online 2020 ini:
Masuk ke halaman htpps://sensus.bps.go.id lalu mengakses halaman sensus penduduk online (SPO) 2020.
Masukkan Nomor Induk Kependudukan atau Nomor KTP (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (KK) di kolom yang sudah disediakan.
Klik kotak kosong pada captcha dan lalu klik “Cek Keberadaan”.
Buat kata sandi atau password seperti yang diperintahkan di halaman, lalu pilih pertanyaan keamanan yang kira-kira gampang diingat, lalu klik“Buat Password”.
Masukkan kata sandi atau password yang sudah dibuat, lalu klik“Masuk”.
Bacalah panduan awal cara mengisi SPO, lalu klik “Mulai Mengisi”.
Pilih Bahasa yang paling diketahui.
Jawablah seluruh pertanyaaan yang diberikan dengan jujur dan sebenar-benarnya sesuai petunjuk di halaman.
Pertama anda disuruh mengisi data diri anda diri dahulu, lalu kemudian anda diminta mengisi data keluarga anda satu per satu secara berurutan mulai dari kepala keluarga, istri, anak dan anggota keluarga lainnya bila ada.
Ada tombol “Simpan Sementara” yang bila dalam pengisian anda masih kekurangan data dalam pengisian data tersebut dan sewaktu-waktu bias membukanya kembali dengan login kembali di halaman website tersebut.
Setelah mengisi seluruh pertanyaan lalu klik tombol “Kirim”.
Unduh bukti pengisian, lalu simpan.
Selesai…. Mudahkan…?
Seluruh warga negara Indonesia diharapkan dapat membantu pemerintah berpartisipasi dalam pengisian SPO ini untuk membantu pemerintah dalam mendata informasi kependudukan demi kebaikan masyarakat Indonesia sendiri.
Data yang anda isi akan dijamin kerahasiaannya oleh BPS sesuai Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik.
Sensus Pendududuk Secara Online ini diharapkan dapat mengumpulkan data secara akurat dan mutakhir serta dapat menjadi acuan bagi Pemerintah untuk mengambil kebijakan mengenai kependudukan kedepan dan perencanaaan pembangunan yang lebih baik.
Sebelumnya pada apel Kesatuan Senin, 10 Februari 2020 lalu Bupati Sumba Barat Drs. A.N. Dapawole telah mencanangkan Sensus Penduduk Online di Kabupaten Sumba Barat yang juga dihadiri oleh Kepala BPS Kabupaten Sumba Barat. Bupati mengajak seluruh ASN dan masyarakat Sumba Barat untuk berpartisipasi aktif dalam pengisian Sensus Penduduk Online tersebut.RED.DKIPS

Bagikan Informasi Ini

4 Comments

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *