Musrenbang Kecamatan Loli Tahun 2022

Loli, 27/01/2022 – Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH didampingi Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat, Camat Loli dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Sumba Barat membuka dengan resmi kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (musrenbang) Tingkat Kecamatan Tahun 2022 di kantor Kecamatan Loli. Kegiatan musrenbang ini merupakan sebuah langkah guna mempercepat peningkatan kinerja pelaksanaan pembangunan daerah yang dimulai dari tingkat desa/lurah, kecamatan dan kabupaten.

Dalam sambutannya Bupati Sumba Barat mengatakan bahwa musrenbang ini bukanlah sebuah formalitas, tapi merupakan musyawarah pemangku kepentingan di berbagai tingkatan pemerintahan untuk mematangkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah melalui sinergi antara berbagai pendekatan perencanaan baik politis, teknokratis, partisipatif maupun top down dan bottom up.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Sumba Barat menyampaikan beberapa program kegiatan yang akan dilaksanakan di tahun 2022, seperti peningkatan dan pemeliharaan jalan (Puurota – Labariri, Gollu Mareda – Labariri, Jagangara – Pasar Baru, Ponungaba – Wanokaza, Puunaga – batas SBD, Jalan Weekarou – Jalan Pada Eweta), pembangunan sanitasi terbesar di seluruh kecamatan, pembangunan layanan air minum SPAM (Desa Baliledo, Desa Dedekadu, Desa Tanarara, Desa Ubu Pede dan Kelurahan Loda pare), pembangunan jaringan irigasi, pembangunan jalan usaha tani, penambahan ruang kelas baru maupun rehab di beberapa sekolah, serta pembangunan sumur tanah dalam.

Beliau juga menegaskan bahwa pembangunan daerah Kabupaten Sumba Barat ke depan difokuskan pada sektor-sektor strategis: sektor pariwisata, pertanian, infrastruktur pelayanan dasar, sumber daya manusia, dan reformasi birokrasi, yang selanjutnya dikemas dalam 6 (enam) Program Prioritas Daerah, yaitu Pembangunan Ekonomi Berbasis Pariwisata, Pembangunan Kesehatan dan Penurunan Stunting, Pembangunan Pendidikan, Pemenuhan Infrastruktur Pelayanan Dasar, Reformasi Birokrasi, dan terakhir Desa dan Kota BERSERI (Bersih, Sehat, Rapi dan Indah).

Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut, Beliau meminta agar Bappelitbangda, Dinas PMD dan Kecamatan harus bekerja sama untuk memastikan bahwa rumusan usulan prioritas harus memenuhi hak-hak dasar masyarakat dan harus berbasis pemenuhan kesejahteraan masyarakat yang sesuai dengan Dokumen RPJMD Kabupaten Sumba Barat Tahun 2021-2026 dan Visi/Misi Bupati serta Program Prioritas Pembangunan Daearah “PASTI BERSERI”. Selain itu, Beliau juga meminta agar dilakukan pengetatan/efisiensi anggaran dan meminimalisasi belanja yang tidak perlu. Terkait dengan dana desa dan ADD, Beliau berharap agar para Kepala Desa dapat mempertanggungjawabkan dengan baik.

Akhir kata Bupati Sumba Barat berharap agar pelaksanaan musrenbang ini berjalan baik dan lancar sampai selesai dan mendapatkan hasil yang baik pula. Beliau juga berharap musrenbang ini dijadikan landasan yang kuat dalam menyusun perencanaan pembangunan kabupaten Sumba Barat.

=== dkips.sb ===

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *