Pastikan Sesuai Arah Kebijakan Provinsi dan Nasional, Pemda Lakukan Konsultasi Rancangan Awal RPJMD

Kupang_ Kabupaten Sumba Barat melakukan konsultasi Rancangan Awal RPJMD dengan jajaran Pemerintah Provinsi NTT, Jumat (16/07/2021).

Konsultasi yang diikuti langsung Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH ini untuk memastikan bahwa substansi Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Sumba Barat sudah sejalan dan searah dengan visi, misi, sasaran dan arah kebijakan provinsi NTT maupun nasional sesuai dengan kewenangan, kondisi, dan karakteristik daerah.

Bupati Yohanis menyampaikan bahwa penyusunan Rancangan awal RPJMD Kabupaten Sumba Barat tahun 2021-2026 telah mengikuti tahapan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Secara substansial, RPJMD merupakan penjabaran konkrit dari visi, misi dan program kepala daerah serta seluruh aktifitas pemerintahan daerah dalam mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan daerah.

RPJMD menjadi acuan pemerintah daerah dalam melaksanakan program-program strategis dan pemanfaatan pendanaan dalam upaya peningkatan pelayanan, pemberdayaan masyarakat dan pembangunan di daerah. Secara operasional RPJMD memuat arahan untuk peningkatan kinerja pelayanan yang menjadi tanggung jawab kepala daerah dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam merespons pemenuhan kebutuhan dasar setiap warga masyarakat untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat.

Argumen inilah yang menjadikan RPJMD sebagai dokumen perencanaan yang memiliki makna yang strategis dalam mempercepat kemajuan daerah.

Dengan demikian proses penyusunan dokumen RPJMD harus menggunakan pendekatan teknokratis, politis, partisipatif, bottom up dan top dawn dengan tetap memperhatikan penyelarasan dengan arah kebijakan pembangunan baik tingkat provinsi maupun nasional.

“Kami menyadari bahwa dokumen Rancangan Awal RPJMD ini masih jauh dari sempurna, sehingga segala usulan, kritik, saran yang konstruktif akan kami terima dengan senang hati demi penyempurnaan substansi dokumen ini”, ungkap Bupati Yohanis.

“Karena pada prinsipnya kita sama-sama melayani masyarakat yang sama dan yang kita perjuangkan adalah harapan dan cita-cita masyarakat”, lanjut Bupati.

Bupati Yohanis juga mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Gubernur Nusa Tenggara Timur melalui Kepala Bappelitbangda Provinsi NTT dan seluruh jajaran Perangkat Daerah Provinsi NTT atas kesediaan waktunya untuk membahas dan memberikan masukan demi penyempurnaan dokumen Rancangan Awal RPJMD Kabupaten Sumba Barat Tahun 2021-2026.

(Moi)

Demikian Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

 

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *