Pembinaan desa cinta statistik  Desa cantik tebara

Https://sumbabaratkab.go.id, Waikabubak – 18 Oktober 2022 Program Desa Cantik merupakan bentuk tanggungjawab BPS dalam melakukan pembinaan statistik sektoral, sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik. Dengan menargetkan peningkatan kompetensi aparatur Desa dengan fokus utamanya mempersiapkan aparatur desa yang lebih paham statsitik dan diharapkan dengan program ini akan lahir komunitas – komunitas cinta statistik dari desa – desa.

Kepala Desa Tebara, Marthen Ragowino Bira, SS dalam sambutannya mengatakan dengan adanya program desa cantik di Desa Tebara melakukan inovasi pendataan hutang budaya dan diharapkan akan menjadi contoh yang baik bagi desa dan kelurahan lain untuk menerapkan kegiatan tersebut, walaupun pada saat pendataan mendapat banyak tantangan dari warga masyarakat, dan hasil pendataan tersebut akan dilaporkan kepada Bupati Sumba Barat.

Kepala BPS Kabupaten Sumba Barat, Ir, Joke Ratna Christina dalam sambutannya mengatakan bahwa pembinaan Desa Cantik ini menempatkan desa bukan lagi sebagai obyek tetapi sebagai subyek atau pelaku dalam pendataan, karena data merupakan hal penting dan mendasar untuk kepentingan pembangunan. Desa Tebara selaku Desa Terbaik 10 Tingkat Nasional akan dijadikan role mode bagi Desa dan Kelurahan lain dalam hal inovasi mengubah data manual menjadi data digital dan dalam bentuk peta tematik.

Kepala Dinas KIPS Kabupaten Sumba Barat Ir. Israil Y. Meok, M. Si dalam sambutannya mengatakan Dinas KIPS adalah sebagai wali data sektoral, persoalan pendataan akan menjadi sangat penting dan mendasar karena menjadi basis perencanaan untuk kepentingan pembangunan. Data yang dituangkan dalam web akan sangat memudahkan bagi pengguna data dan dapat dilihat kapanpun dan dimanapun.

Kegiatan pembinaan selanjutnya dijelaskan secara tehnis oleh tim dari Badan Pusat Statistik Kabupaten Sumba Barat kepada aparatus Desa dan Kelurahan.

Tim Redaksi DKIPS.

 

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *