PERINGATAN HARI KESAKTIAN PANCASILA BUPATI SUMBA BARAT PUNYA PESAN MORAL

Bupati Sumba Barat Menyampaikan Sambutan Pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Tahun 2018 di Halaman Kantor Bupati Sumba Barat

Waikabubak, Humas SB. Pesan moral terkait peringatan hari Kesaktian Pancasila hari ini adalah seruan untuk menggelorakan semangat bersatu, berbagi, dan berprestasi. Bersatu artinya kita kembangkan kembali spirit Bhineka Tunggal Ika. Keragaman yang terbentang sepanjang garis khatulistiwa tidak boleh jadi alasan untuk saling membenci, tetapi justru menjadi daya perekat bangsa.

Hal itu diungkapan Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole ketika menjadi Inspektur Upacara pada Hari Peringatan Kesaktian Pancasila, 1 Oktober 2018, bertempat di Halaman kantor Bupati Sumba Barat.

Pancasila, menurutnya sebagai kata kunci membangun bangsa yang menghargai keberagaman dalam tamansarinya Indonesia. Maka patut disyukuri di tengah kemajuan jaman, dirimbunnya segala perbedaan yang ada, dapat disatukan dengan konsep Indonesia yang menganut Pancasila.

“Pancasila adalah semangat kita untuk bergandengan tangan menuju cita-cita besar. Maka, kita sebagai anak-anak Bangsa sudah seharusnya selalu menjunjung tinggi nilai-nilai pancasila dalam pola pikir, ucapan, tindakan, sikap, dan perbuatan”, ujar Bupati Dapawole.

Lebih lanjut Bupati Dapawole mengatakan bahwa Peringatan Hari Kesaktian pancasila tahun 2018 yang mengambil thema “Pancasila sebagai landasan Kerja Mencapai Prestasi bangsa” dalam konteks Indonesia hari ini. Thema ini menjadi penting bagaimana kita bisa membangun kebersamaan untuk bekerja tidak saja mengejar prestasi tapi bekerja bagi kemaslahatan umum. Pancasila menjadi titik temu, titik tumpu, dan titik tuju kita bersama, di tengah kemungkinan keterpecahan, kerapuhan landasan, dan disorientasi yang melanda kehidupan kebangsaan.

“kita patut bersyukur di tengah kemajuan jaman, dirimbunnya segala perbedaan yang ada, kita disatukan dengan konsep Indonesia yang menganut Pancasila.” Ungkap Bupati Dapawole.

Mengkahiri sambutannya, Bupati Dapawole berpesan untuk terus meneguhkan diri dalam mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam setiap derap langkap pembangunan dan nafas kehidupan masyrakat. Demikian pula dalam melaksanakan kewajiban melayani rakyat harus memberikan persembahan terbaik buat rakyat.

Kesaktian Pancasila yang diperingati setiap tahun haruslah dijadikan semangat untuk membangun sikap dan komitmen diri dalam membangun Sumba Barat yang berkelanjutan.(Dhi)

Sumber : FB Humas Sumba Barat

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *