Pertemuan Dengan Penyuluh Pertanian, Bupati Sumba Barat Serahkan Komputer Bantuan

Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH menyerahkan 8 unit komputer bantuan pemerintah pusat buat para penyuluh pertanian lapangan, Jumat (11/06/2021).

Penyerahan komputer secara simbolis tersebut di lakukan Bupati Sumba Barat pada saat pertemuan bersama 62 PPL se-Sumba Barat bertempat di Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat kepada 8 BPP yang ada.

Dalam sambutannya, Bupati Sumba Barat mengatakan ketika dilantik, ada sejumlah tanggung jawab sebagai Ina Ama, Bapak rakyat Sumba Barat tentunya, saya harus bekerja dengan baik dengan penuh tanggung jawab dan semua rakyat yang ada di daerah ini adalah bagian dari tanggung jawab Bupati. Seorang pemimpin jangan hanya berpikir tentang uang saja, harus mampu berpikir tentang kemajuan Sumba Barat.

Sesuai dengan Visi Bupati dan Wakil Bupati salah satu visi adalah terkait dengan pertanian itu adalah prioritas yang pertama.

Dalam hal ini Penyuluh adalah ujung tombaknya. Penyuluh harus berada di tengah-tengah petani.

“Tolong penyuluh harus berada di tengah petani karena ada kabar kalo penyuluh jarang ada di tengah petani, ini info dari masyarakat.

Saya minta pagi-pagi penyuluh sudah ada dengan petani. Kita harus ada ketulusan bekerja, takut akan Tuhan. Sepanjang kita takut akan Tuhan kita pasti akan takut berbuat salah”, tegas Bupati.

Bupati juga mengungkapkan bahwa program skala prioritasnya adalah pertanian. Kedepan akan mencari terobosan, mencari regulasinya agar kedepanĀ  bisa membagikan pupuk gratis buat masyarakat.

“Nanti saya harus ada di lapangan, di 74 desa, agar saya tau jika ada yg mengeluh lapar saya tau. Tolong juga Bapak Kadis kedepan perhatikan fasilitas seragam penyuluh maupun sepatu penyuluh di adakan. Kita tidak tau dilapangan bisa jadi ketemu ular atau apa, harus diperhatikan”, kata Bupati Yohanis.

Pada kesempatan tersebut juga Kadis Pertanian Kabupaten Sumba Barat, Ir. Amos Rihi Dida mengatakan bahwa jumlah penyuluh pertanian dibandingkan jumlah desa maka di Sumba Barat masih kekurangan 12 Penyuluh Pertanian sehingga tenaga penyuluh melaksanakan tugas pendampingan idealnya dengan prinsip 1 penyuluh mendampingi 1 Desa namun masih terjadi 1 penyuluh mendampingi 2 desa.

Berdasarkan kelembagaan penyuluh Pertanian yang terdapat di Kabupaten Sumba Barat berjumlah 8 Unit yaitu BPP Lamboya dengan jumlah 11 desa dan 8 PPL, BPP Wanukaka dengan 14 Desa dan 9 PPL, BPP Kalimbukuni dengan 13 desa dan 8 PPL, BPP Weekarou dengan 7 desa dan 6 PPL, BPP Waipanapi dengan 7 desa dan 7 PPL, BPP Lokory dengan 8 desa dan 7 PPL, BPP Weepatola dengan 10 desa dan 6 PPL, sedangkan BPP Laboya Barat dengan 4 jumlah desa dan 4 PPL.

(Dhi)

Demikian Siaran Pers Bagian Humas dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kabupaten Sumba Barat.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *