PETANI DAPAT TUJUH UNIT PERONTOK MULTIGUNA DAN DUA UNIT TRAKTOR TANGAN, BUPATI SUMBA BARAT: BERKAT KERJASAMA PEMDA DAN BERBAGAI PIHAK

Demikian pernyataan Bupati Sumba Barat, Johanis Dade, SH, dalam acara penyerahan bantuan Kementrian Pertanian berupa 7 unit perontok multiguna dan 2 unit traktor tangan kepada 7 Kelompok Tani di ruang pertemuan Kantor Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat, Jumat 22 Oktober 2021. Tujuh kelompok tani penerima bantuan ini adalah: Kelompok Tani Puu Kapaka dan Mila Ate dari Desa Tebara, Kelompok Tani Harapan Jaya, Desa Karakandoku, Kelompok Tani Loko Weemesi, Desa Diratana, Kelompok Tani Ege Ate, Desa Welibo, dan Kelompok Tani Ngora Wuji dan Mehang Ngalu, Desa Laboya Bawa.

“Bantuan ini ada berkat kerjasama dan komunikasi Pemerintah Daerah dengan DPRI. Pak Herman Herry sangat membantu. Juga demikian Kementrian Pertanian yang mengapresiasi Pemda yang proaktif melakukan komunikasi,” tegas Johanis Dade, yang berharap masyarakat dapat memanfaatkan serta memelihara dengan baik bantuan yang diberikan. Pemerintah akan terus berusaha agar semua masyarakat dapat terlayani kebutuhan peralatan dan fasilitas pertanian lainnya.  “Setiap petani harus memiliki akses ke traktor. Sumba Barat Harus Bangkit. Musrenbang harus dapat menampung usulan-usulan kegiatan yang untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Pemda akan memaksimalkan dana APBD dan desa-desa juga harus dapat menangani kegiatan serupa,” lanjut Yohanis. Sumur bor, irigasi, cekdam dan embung juga akan  diperhatikan Pemda. Dari hasil tinjauan banyak cekdam dan embung yang mubazir. Beliau berharap agar Sumba Barat dapat mencontoh Kupang dan Jawa yang telah berhasil memanfaatkan pola irigasi yang lebih baik.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Sumba Barat,  Ir. Amos R. Dida, mengatakan hal yang sama bahwa terkadang petani tidak begitu getol mengusulkan apa yang harus menjadi P1 untuk kebutuhan mereka dan beliau mengharapkan agar desa-desa dapat lebih menampung aspirasi petani. Pihaknya terus mengedukasi masyarakat agar dapat memanfaatkan fasilitas yang diberikan Pemerintah dan lebih terlibat lagi dalam menyampaikan usulan-usulan P1 yang merupakan kebutuhan mereka yang mendesak.

TIM DKIPS OK

 

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *