Pjs. Bupati Serahkan Sertifikat Tanah PTSL Tahun 2020 kepada Masyarakat Desa Lokory

Waikabubak_ Penjabat Sementara Bupati Sumba Barat Drs. SEMUEL D. PAKERENG, MSi didampingi Anggota Forkopimda Kabupaten Sumba Barat, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Sumba Barat dan jajaran mengikuti acara Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat Se Indonesia oleh Presiden Republik Indonesia yang dilaksanakan secara Virtual sekaligus Penyerahan Sertifikat Tanah PTSL Tahun 2020 kepada Perwakilan Masyarakat Kabupaten Sumba Barat secara simbolis oleh Pjs. Bupati Sumba Barat bertempat di Aula Kantor Bupati Sumba Barat. Senin, (09/11).

Acara yang disiarkan secara langsung melalui vidio conference dari Istana Presiden diawali dengan laporan kepala BPN/ATR Sofyan Jalil mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Agraria yg dilaksanakan dalam situasi covid 19.

Program ini juga merupakan program Presiden dalam memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah warga indonesia melalui empat program elektronik yang telah diluncurkan oleh kementerian BPN/ATR untuk menghindari mafia tanah khususnya didaerah.

Dalam Sambutannya Presiden RI mengatakan dalam rangka bulan bakti Agraria Pemerintah akan membagikan 1 juta sertifikat tanah di 31 propinsi dan 201 kabupaten dari target 7 juta utk tahun 2020 untuk memberikan kepastian kepemilikan atas tanah masyarakat.

Presiden berharap agar setiap tahunnya target yang sudah ditetapkan agar dapat tercapai jika tidak maka pimpinan Pertanahan dari tingkat Pusat sampai Kabupaten harus bertanggungjawab.

Jokowi mengatakan dalam lima tahun sudah dibagikan langsung oleh presiden sebanyak 2,4 juta sertifikat. Hal ini dilakukan untuk menjawab seluruh keluhan masyarakat yang dilaporkan atau yang langsung didengar oleh Presiden atas konflik tanah yang belum bersertifikat.

Akhirnya Presiden berpesan agar sertifikat disimpan dengan baik ditempat yang aman dan dapat dijadikan Jaminan di Bank utk menambah modal usaha dsmi meningkatkan ekonomi keluarga.

Kepala BPN Kabupaten Sumba Barat dalam laporannya mengatakan bahwa untuk hari ini akan diserahkan sebanyak 1500 sertifikat tanah khusus untuk Desa Lokory Kecamatan Tanarighu.

“Diharapkan dengan adanya sertifikat tanah dapat memberikan kepastian hukum atas kepemilikan tanah sehingga masyarakat dapat mengusahakan tanahnya untuk kepentingan mereka terutama dalam meningkatkan perekonomian keluarga”, harapnya.

Pjs. Bupati Sumba Barat dalam sambutannya mengatakan tanah merupakan aset bagi kehidupan masyarakat sehingga perlu dikelola dengan baik sehingga tdk menimbulkan masalah dikemudian hari.

Semuel berpesan kepada masyarakat penerima sertifikat tanah agar dapat menyimpan dan menggunakan sertifikat tanah dengan baik untuk kepentingan yang dapat memperbaiki perekonomian keluarga. Hindari gaya hidup untuk menggadaikan tanah kepada siapapun untuk kepentingan sesaat.

Diakhir sambutan, Semuel mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPN dan seluruh staf atas kerja keras dalam melayani masyarakat Sumba Barat dan semoga di tahun yang akan datang kegiatan PTSL dapat melayani semua masyarakat desa di Kabupaten Sumba Barat.

(RDjS)

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *