Rapat Evaluasi TIPD dan TPKAD Dengan Instansi Terkait Di Tingkat Kabupaten Sumba Barat

https://sumbabaratkab.go.id Waikabubak, Bagian Ekonomi dan ESDM menyelenggarakan Rapat Evaluasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TIPD) dan Tim Percepatan Akses keuangan Daerah (TPAKD)  kestabilan ekonomi produktif, dan dihadiri oleh anggota TPID dan TPAKD bertempat di Aula Kantor Bupati pada Rabu, 21 Desember 2022.

Dalam sambutannya Bupati Sumba Barat mengatakan rapat ini merupakan langkah strategis untuk mengukur penerapan program TPID dan TPAKD sampai pada saat akhir tahun anggaran, demikian juga pada target kerjasama yang sinergis antara perangkat daerah, instansi vertikal, dan stake holder serta untuk meminimalisir munculnya permasalahan baru di tingkat masyarakat.

 

Ditambahkan pula data yang dikompilasi TPID bahwa tingkat inflasi di Sumba Barat periode November 2022 tehadap November 2021 sebesar 3¸36 % dimana angka ini berada pada titik aman inflasi 2 – 4% . walaupun demikian tetap dibutuhkan kerja keras dan kerja sama semua pihak untuk mempertahankan kestabilan kondisi ini. Di Provinsi Nusa Tenggara Timur inflasi diukur di kabupaten/kota yaitu Kota Kupang, Maumere dan Waingapu (untuk  seluruh wilayah Sumba diukur di Kota Waingapu).

Untuk menekan laju inflasi di Kabupaten Sumba Barat sepanjang tahun 2022 telah melaksanakan berbagai upaya antara lain: 1/. Pasar Murah; 2/. Penyiapan Dana Tak Terduga; 3/. Pengawasan BBM Subsidi; 4/. Pembentukan dan Pembagian Bapak/Ibu Asuh; 5/. Ketahanan Pangan antara lain tanam jagung panen sapi; 6/. Pengawasan Harga Sembako; 7/. Kerjasama antar Daerah; 8/. Mengikuti Rakornas TPID yang dipimpin oleh  Menteri Dalam Negeri setiap minggu melalui Video conference.

 

Bupati berharap melalui rapat evaluasi ini dapat diketahui sejauhmana progres implementasi program kerja TPID dan TPAKD dalam rangka menjaga stabilitas inflasi, sehingga dapat menginventarisir kendala atau permasalahan yang ditemui demi pencapaian program kerja TPAKD Sumba Barat di tahun yang akan datang. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan untuk perbaikan kinerja dalam mengimplementasikan program TPAKD kedepannya, dengan cara saling bekerja sama saling bersinergi dan berkolaborasi demi menuju Kabupaten Sumba Barat yang lebih baik, sejahtera sebagai bentuk pengabdian kita kepada Pada Eweta Manda Elu yang kita banggakan.

Tim Redaksi.

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *