SMP Negeri 2 Waikabubak Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Facebook
Twitter
WhatsApp

 

www.sumbabarat.go.id. Waikabubak. Kamis, 2/5/2024 Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga yang diwakili oleh Sekretris Dinas, membuka dengan resmi kegiatan ini yang bertempat di Lapangan Upacara SMPN 2 Waikabubak.

Dalam sambutan Kepala Dinas yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas mengatakan Lembaga Pendidikan bukan saja tempat transfer ilmu pengetahuan, tetapi juga merupakan tempat untuk menumbuhkan ide – ide kreatif dari peserta didik, oleh karena itu Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga sangat mengapresiasi kegiatan kegiatan yang dilaksanakan oleh Kepala Sekolah dan Jajarannya yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan anggaran yang terbatas.

Kepala Sekolah SMPN2 Waikbubak dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam rangka memperingati hari Pendidikan Nasional pada hari ini, SMPN 2 Waikabubak menggelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dimana kegiatan ini termuat dalam 3 tema utama, yaitu :

  1. Gaya hidup berkelanjutan dalam hal ini pengolahan sampah yaitu kompos dan ekobrick
  2. Kearifan lokal : busana tradisional dan modern serta pengolahan pangan lokal
  3. Bangunlah jiwa dan raga tentang anti perundungan berani

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang baru merupakan dilakukan di SMPN 2 Waikabubak karena merupakan tuntunan Kurikulum Merdeka yang baru diterapkan di Tahun Ajaran 2023/2024 khususnya bagi pelajar kelas 7, dimana hasil karya yang digelar pada hari ini merupakan hasil setelah mereka mempelajari berbahai hal dalam P5. Dalam kegiatan ini juga diisi dengan dialog interaktif tentang pengolahan sampah dengan narasumber Kepala Dinas Lingkungan Hidup, kunjungan ke stand pameran hasil projek tentang daur ulang sampah menjadi barang siap pake/kerajinan, produk makanan dan kerajinan lokal, dan plakat – plakat anti bullying; Pentas Seni Siswa ;  Mode Shoow dan Drama Fragmen anti bullying oleh siswa.

Besar harapan Kepala Sekolah beserta Guru kegiatan ini dapat didukung dan dimotivasi agar kedepannya dapat menghasilkan pprojek – projek serupa yang lebihh bermafaan dan bermakna lagi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas KIPS, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Pejabat yang mewakili Kepala Dinas P5A, Pejabat yang mewakili Kepala Badan Lingkungan Hidup, Pejabat yang mewakili Kepala Kesbangpol, Kabag Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Camat Kota Waikabubak, Lurah Kampung Sawah,  Kepala Sekolah SMA 1 Negeri Waikabubak, Ketua MKKS SMP Tingkat Kabupaten Sumba Barat.

Tim DKIPS

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top