SUMBA BARAT CAPAI HAMPIR 50% TARGET 101.000 PENERIMA VAKSIN

Antrian panjang siswa-siswi SMP dan SMA antusias menunggu giliran masuk lewat pintu gerbang SMAN 1 Waikabubak sejak pagi hari, Selasa 12 Oktober 2021. Di dalam lingkungan sekolahpun sudah terdapat puluhan siswa-siswi yang duduk menunggu pemeriksaan dokumen sebelum menuju Aula tempat mereka akan menerima vaksin. Kali ini penataan alur masuk penerima vaksi sangat tertib. Tidak ada lagi suasana kerumunan di di Aula SMAN Waikabubak seperti sebelumnya. Menurut Kasie Surveilance and Imunisasi Dinas Kesehatan, Endang Tatik Magawati, alur peserta vaksi memang ditata sedemikian rupa agar tertib dan menyenangkan selain memenuhi protokol kesehatan.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat, Agustinus Rabilla, yang mengkoordinasi kegiatan ini bekerja sama dengan TNI, mengatakan bahwa terkadang jumlah peserta yang datang melebihi target dan pihaknya telah menyiapkan cadangan untuk mengantisipasi keadaan tersebut. Dari sekian kali kegiatan vaksinasi yang dilakukan, tidak pernah jumlah peserta di bawah target. Kali ini Dinkes menyiapkan vaksin untuk 1500 peserta berusia 14 tahun sampai dengan 18 tahun atau usia pelajar SMP dan SMA.  Jenis vaksin yang diberikan adalah Cinovac dan Astrazeneca. Dari 70% atau 101.000 ribu target penerima vaksin di Kabupaten Sumba Barat, sudah 43.000 orang yang terlayani. Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat terus giat melaksanakan vaksinasi sesuai ketersediaan vaksin yang sangat bergantung dari suplai Pemerintah Propinsi.

Ditanyakan mengenai kemungkinan adanya masyarakat menerima Vaksi Nusantara, Agus maupun Endang mengatakan belum ada kepastian.

Bagi masyarakat yang ingin menerima vaksin dapat menghubungi puskesmas-puskesmas setempat bahkan Kantor-kantor polisi untuk mendaftar. Vaksinasi tidak dapat dilakukan hanya untuk beberapa orang tetapi untuk jumlah yang memadai.

Tim DKIPS Sumba Barat OK

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *