Tak Perlu Repot Lagi, DMM di Lamboya

Kabukarudi – Jumat, 06/11/20 Melalui Program Disdukcapil Menyapa Masyarakat, Disdukcapil Sumba Barat kembali melakukan optimalisai pelayanan publik jemput bola langsung di lapangan, dan hari ini dilakukan di Kantor Kecamatan Lamboya.

Sebagaimana yang telah dilaksanakan beberapa waktu terakhir ini, Disdukcapil tengah berupaya melakukan penjaringan masyarakat yang belum memiliki dokumen administrsi kependudukannya, langsung di wilayah-wilayah. Selain untuk menghindari adanya kerumuman antrian di Kantor Disdukcapil di masa pandemic Covid-19, pelayanan langsung di Kanto Camat ini, juga merupakan upaya pemberian pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Kegiatan DMM dan Perekaman KTP Elektronik di Kecamatan Lamboya dilakukan selama 3 hari, mulai Jumat, 06/11/20 sampai dengan Senin, 09/11/20. Dengan jadwal hari Jumat untuk Desa Wailibo, Patiala Bawa, Bodohula dan Laboya Dete. Hari Sabtu untuk Desa Sodana, Palamoko, Watukarere dan Laboya Bawa. Sedangkan Hari Senin yang akan datang dilaksanakan untuk Desa Rajaka, Ringurara dan Kabukarudi.

Hadir pada kegiatan tersebut Camat Lamboya, Daud Eda Bora, SH, yang mengucapkan terima kasih kepada Kadisdukcapil beserta jajarannya, dengan adanya DMM sangat membantu masyarakat Lamboya, memudahkan masyarakat terutama yang belum memiliki KTP elektronik, tidak perlu repot-repot ke kota lagi. Camat menghimbau warganya agar memanfaatkan kesempatan yang ada, sebab dokumen kependudukan ini sangat diperlukan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Sumba Barat, Bepa B. Tobu, SH, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan adanya regulasi tentang pendaftaran penduduk secara daring / online, maka semua penduduk wajib melakukan perekaman KTP elektronik secara online yaitu pendaftaran penduduk menggunakan SIAK ( Sistim Informasi Administrasi Kependudukan ) yang terhimpun dalam data base kependudukan dan dengan menggunakan sistim ini maka tidak akan terjadi pendobelan maupun manipulasi data kependudukan satu Indonesia.

Lebih lanjut diinformasikan, bahwa sejak Tahun 2020 ini, Disdukcapil Kabupaten Sumba Barat sudah melaksanakan Program/Kegiatan penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) dalam rangka memenuhi hak hukum anak-anak.

Disamping itu disdukcapil juga telah menerapkan Tanda Tangan Elektronik (TTE) untuk pencetakan Kartu Keluarga (KK) dan semua jenis akta (baik Akta Kelahiran, Akta Kematian maupun Akta Perceraian) dan dokumen kependudukan lainnya. Hal ini akan memudahkan masyarakat yang membutuhkan dokumen kependudukannya seperti KK ataupun Akta, tidak perlu dilegalisir lagi di Disdukcapil, tetapi cukup difotocopy dan langsung digunakan, dan terkait hal ini telah diterbitkan Surat Edaran Bupati beberapa waktu lalu kesemua perangkat daerah, instansi vertical, Camat, Lurah dan Kepala Desa/Lurah.

Diakhir sambutannya Kadisdukcapil berharap kiranya kegiatan DMM dan Perekaman KTP Elektronik “jemput bola” selama 3 hari di Kecamatan Lamboya ini benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Lamboya dengan baik. (RED.AR-DKIPS)

Bagikan Informasi Ini

1 Comment

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *