Tanggapi Tingginya Learning Los Akibat Covid-19, Pemda Sumba Barat Bersama Lembaga Inovasi Canangkan Pemulihan Pemberlajaran Peserta Didik Jenjang Pendidikan SD/MI

Waikabubak | Senin, 21 Maret 2022,

Bupati Sumba Barat, Yohanis Dade, SH, pagi tadi, Senin, 21 Maret  2022, di Aula Pertemuan  Kantor Bupati Sumba Barat, membuka sosialisasi Instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2022 Tentang Pemulihan Pembelajaran Melalui Pemetaan da Perbaikan Kemampuan Literasi dan Numerasi Dasar  Peserta Didik Jenjang Pendidikian SD/MI.

Instruksi ini merupakan insiatif Pemda bekerjasama dengan Lembaga Inovasi menaggapi tinggnya learnin Loss akibat terhentinya belajar tatap karena Covid-19. Intruksi yang dikeluarkan ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan  Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19.  Hadir dalam kegiatan ini Plt Sekda Sumba Barat, Plt Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga, Ketua Tim Koordinasi Inovasi NTT bersama staf, para pengawas SD/MI, Kepala SD/MI dan pendidik/guru SD/MI di wilayah Sumba Barat.

Beberapa isi instruksi ini antara lain:

  1. Setiap Pendidik/Guru kelas jenjang sekolah dasar wajib melakukan pemetaan dan perbaikan tentang kemampuan literasi dan rumerasi dasar, dan melaporkan kepada kepala sekolah sesuai dengna kemampuan setiap peserta didik;
  2. Mekanisme pengukuran literasi dan numerasi dasar peserta didik menggunakan instrument yang telah dikembangkan oleh Pusat Asesmen Pendidikan pada Bada Standar Kurikulum dan Assesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi bersama Program Inovasi;
  3. Pemetaan dan perbaikan kemampuan literasi dan numerasi dasar peserta didik merupakan bagian dari program kerja penjaminan mutu pendidikan dalam upaya mengatasi ketertinggalan pembelajaran pada masa pandemi COVID-19, dengan target minimal kelas 3 bisa membaca lancar dan memahami, di bawah koordinasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

TIM DKIPS

Bagikan Informasi Ini

0 Comments

There are no comments yet

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *