Visi dan Misi

VISI :

  • Terwujudnya Masyarakat Sumba Barat Yang Semakin Maju, Berdaya Saing dan Berkeadilan

Sumba Barat yang Maju, Merupakan kondisi ideal yang menggambarkan masyarakat Sumba Barat sejahtera (terbebas dari kemiskinan, adanya rasa aman, tentram dan damai dari semua bentuk gangguan kriminalitas, dan konflik sosial) yang dibarengi dengan meningkatkan derajat hidup masyarakat melalui pemenuhan hak-hak sosial dasar (pendidikan yang berkualitas, layanan kesehatan yang aksebilitas dan berkualitas, air bersih, listrik, pemukiman layak huni, dan rumas sehat, pelayanan administrasi publik yang cepat, transparan dan berkualitas serta mudah dalam mengakses modal usaha dan pasar).

Sumba Barat yang MAJU juga menggambarkan kondisi desa dan kota yang semakin BERSERI (Bersih, Sehat, Rapih dan Indah). Sumba Barat Berseri secara analogi juga menggambarkan sebuah kondisi baru yang berhubungan dengan perubahan mentalitas, karakter, gaya hidup, dan peradaban. Bersih dapat diartikan sebagai sebuah kondisi dimana masyarakat sipil dan aparatur sipil negara hidup dalam situasi baru yang menolak praktik-praktik korupsi, kolusi dan nepotisme, terhindar dari tindakan kriminal dan praktik-praktik menyimpang yang merugikan orang lain. Sehat menggambarkan kondisi masyarakat Sumba Barat sehat mental dan jasmani seta sehat pikiran dan sehat lingkungannya. Rapi menggambarkan sebuah kondisi yang teratur, baik, dan harmonis. Pada akhirnya, semuanya yang tampak Bersih, Sehat, dan Rapi akan menghasilakan sesuatu yang Indah untuk dipandang, dinikmati dan dirasakan.

Berdaya Saing, Kondisi yang menggambarkan Sumba barat memiliki sumber daya manusia yang uggul, tangguh, dan kompetitif menghadapi era globalisasi, memiliki kesiapan infrastruktur memadai dan berkualitas yang memudahkan akses dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, listrik, komunikasi dan informatika, serta adanya iklim usaaha dan investasi yang kondusif.

Berkeadilan, Ikhtiar pembangunan diarahkan sebesar-besarnya untuk mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh warga sumba Barat. Pembangunan yang berkeadilan sosial berarti juga membangun sesuai dengan potensi wilayah dan peruntukannya, serta hasil dan manfaatnya dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya ini pada akhirnya akan menguatkan, memandirikan dan mensejahterakan warga Sumba Barat dari desa hingga kota, sekaligus memutus mata rantai ketidak adilan struktural yang menyebabkan terjadinya kemiskinan.

MISI :

  1. MENGEMBANGKAN USAHA EKONOMI PRODUKTIF YANG BERBASIS PERTANIAN DAN PARIWISATA SEBAGAI PENGGERAK UTAMA;
  2. MENINGKATKAN KUALITAS KESEHATAN MASYARAKAT MELALUI PELAYANAN KESEHATAN YANG PROFESIONAL, MUDAH DAN TERJANGKAU;
  3. MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI PRIBADI YANG CERDAS, UNGGUL DAN BERDAYA SAING MELALUI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN YANG MEMADAI, BERKUALITAS DAN TERJANGKAU;
  4. MENINGKATKAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DAN PENATAAN RUANG KAWSAN UNTUK MENJAMIN AKSEBILITAS PEMERATAAN PEMBANGUNAN;
  5. MENINGKATKAN KETENTRAMAN DAN KETERTIBAN UMUM;
  6. MENINGKATKAN KAPASITAS APARATUR DAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG TRANSPARAN, AKUNTABEL, DAN PROFESIONAL DAN BERJIWA MELAYANI.
Bagikan Informasi Ini